Kenang Peristiwa Perobekan Bendera di Hotel Yamato 19-09-2018

Kenang Peristiwa Perobekan Bendera di Hotel Yamato 19-09-2018

19 September 1945 merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia. Pada hari tersebut, sekelompok orang Belanda mengibarkan bendera Belanda (Merah Putih Biru) di atas Hotel Yamato (yang saat ini Hotel Majapahit) Surabaya. Namun pengibaran ini memicu amarah para pejuang yang berujung pada aksi heroik berupa perobekan bendera Merah Putih Biru menjadi Merah Putih. Untuk mengenang peristiwa tersebut, Pemkot Surabaya mengadakan aksi teatrikal perobekan bendera di depan Hotel Yamato. Acara tersebut dihadiri pemuda, veteran, siswa, dan warga Surabaya lainnya, Pemkot Surabaya berhasil menghidupkan suasana haru yang terjadi pada 73 tahun silam.

73 tahun yang lalu di tempat ini, Hotel Yamato, telah terjadi peristiwa perobekan merah putih biru di mana warna biru dirobek menjadi merah putih

Yang kemudian dikibarkan kembali gagah perkasa di angkasa raya

Lautan manusia, rakyat dan pemuda Surabaya berkumpul dan marah karena buminya diinjak-diinjak

Di tempat ini lah warga surabaya ingin membuktikan bahwa bangsa indonesia telah merdeka. Merdeka! Merdeka!

Peristiwa ini memberikan tauladan

Mereka tidak hanya merobek warna biru tapi merobek hal-hal tak patut bagi negerinya. Merobek kemalasan, merobek kedholiman.

Tak hanya puisi orasi yang membakar jiwa, aksi inti dalam peringatan ini merupakan teatrikal tragedi 19 September yaitu perobekan bendera di tengah lautan warga Surabaya. Para pemuda pun memerankan laku sebagai pejuang kala itu. Dengan mengenakan pakaian ala orang jaman dulu, pemuda-pemuda ini benar-benar menaiki atap Hotel Majapahit menggunakan tangga bambu. Suasana menegangkan nyata terasa diiringi dengan teriakan-teriakan warga yang menyerukan hati-hati kepada para aktor. Setelah aksi teatrikal selesai, berlanjut Permainan musik dari pelajar di Surabaya mengiringi sesi foto bersama Risma.

Dipost Oleh Super Administrator

-

Post Terkait

Tinggalkan Komentar